Pengertian JSA

Banyak perusahaan dalam industri minyak dan gas menggunakan proses analisa keselamatan pekerjaan (juga disebut sebagai JSA, pekerjaan Hazard Analysis, atau JHA). JSA adalah sarana yang sangat efektif untuk membantu mengurangi insiden, kecelakaan dan cedera di tempat kerja. 

Ini adalah alat yang sangat baik untuk menilai potensi bahaya dan faktor resiko, sehingga kita bisa melakukan pekerjaan dengan aman dan selamat. 

JSA dibuat untuk suatu pekerjaan yang sudah biasa dikerjakan maupun belum biasa dikerjakan, Semua pekerja harus dilibatkan dalam pembuatan JSA agar bisa diketahui bahaya dan dampak bahaya dari suatu pekerjaan yang dilakukan.


Mengidentifikasi semua langkah-langkah, prosedur kerja yang aman sebelum memulai pekerjaan sangatlah penting untuk dilakukan agar terhindar dari semua resiko bahaya dan mengurangi tingkat keparahan dari suatu kecelakaan.

Pekerjaan boleh dilakukan atau tidak tergantung dari nilai resiko sisa tergolong ( Rendah,Sedang dan Tinggi ), Apabila nilai faktor resiko tergolong tinggi maka suatu pekerjaan tidak boleh dilakukan tetapi apabila faktor resiko bisa diturunkan sempai ke level rendah maka pekerjaan dapat dilakukan.

Proses JSA bisa melalui langkah-langkah sebagai berikut :

Langkah-langkah dasar pekerjaan :

Apa saja jenis pekerjaan dan langkah-langkah pekerjaanya, Pekerjaan harus dibagi setiap langkah dan dilakukan penilaian resiko dan kemungkinan terjadi kecelakaan pada suatu pekerjaan tersebut.

Potensi Bahaya :

Kita cari dan temukan potensi bahaya yang timbul akibat suatu pekerjaan tersebut, Sebisa mungkin kita turunkan potensi bahaya dengan melakukan cara semaksimal mungkin untuk menjadi Level rendah agar pekerjaan dapat segera dilakukan.

Penilaian Resiko :

Resiko-resiko yang timbul harus kita berikan penilaian dengan status Rendah-Menengah-Tinggi sehingga kita bisa mengambilo keputusan untuk melaksanakan pekerjaan tersebut apabilah status sudah ke level rendah.

Penilaian Resiko Sisa :

Setelah kita melakukan kiat-kiat diatas maka kita nilai kembali resiko sisa dari penilaian resiko pertama, sehingga yang dihasilkan adalah resiko dan potensi bahaya pada level dibawah rendah.

Rapat Sebelum Kerja :

Semua para pekerja yang akan melakukan pekerjaan tersebut harus mengetahui langkah demi langkah pekerjaan dan cara menurunkan potensi bahaya dan resiko dari suatu pekerjaan masing-masing.

Sekian penjelasan dari saya mengenai JSA ( Job Safety Analysis ).
Untuk mendowload prosedur JSA Silahkan klik dan unduh disini.

Semoga Bermanfaat